Jelang Hari Kesaktian Pancasila, Badan Kesbangpol Gelar Rapat Koordinasi

Bontang – Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019, Badan Kesbang Pol melaksanakan rapat koordinasi dengan instansi serta perangkat daerah terkait pada Selasa, 24 September 2019. Rapat dilaksanakan di ruang pertemuan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Rapat dipimpin oleh Asisten Administrasi Pemerintahan (H.M Bahri), serta dihadiri oleh Kepala Badan Kesbang Pol Kota Bontang (Sony Suwito Adicahyono) beserta jajaran, perwakilan Kodim 0908 Bontang, perwakilan Den Arhanud 002 Bontang, perwakilan Polres Bontang, perwakilan Bagian Humas serta Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Bontang.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Bontang melalui Badan Kesbang Pol. Menilik sejarahnya, pada 30 September 1965, enam Jenderal, 1 Kapten serta beberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta. Gejolak yang timbul akibat Gerakan 30 September atau dikenal sebagai G30S sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia. Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan G30S dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Berdasarkan hasil rapat, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lingkungan Pemerintah Kota Bontang akan digelar pada Selasa, 1 Oktober 2019. Walikota Bontang, Neni Moerniaeni akan memimpin upacara yang dilaksanakan di halaman Kantor Walikota Bontang, Kelurahan Bontang Lestari. Peserta upacara terdiri dari jajaran TNI/Polri, ASN, Organisasi Masyarakat dan Organisasi Pemuda, pelajar, serta mahasiswa dari beberapa universitas di Kota Bontang.

Sementara itu, tamu undangan yang akan menghadiri upacara antara lain Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kepala instansi vertikal, pejabat struktural di lingkungan Pemkot Bontang, perwakilan perusahaan, serta ketua forum kemasyarakatan di Kota Bontang.

(nov/udz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *