Monitoring dan Silaturahmi PPID, Diskominfo Kunjungi Bakesbangpol

Bontang- Sebagai upaya memantau pelaksanaan tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu di lingkungan Pemeritah Kota Bontang, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bontang melakukan kunjungan ke Badan Kesbangpol pada Kamis, 11 Juni 2020. Kunjungan tersebut selain sebagai monitoring berkala, juga dimaksudkan untuk silaturahmi dengan PPID setempat. Kegiatan visitasi dipimpin oleh Sekretaris Diskominfo, Ririn Sari Dewi beserta jajaran yang terdiri dari Kasi Pengelolaan Layanan Informasi Publik dan Hubungan Media (Anna Hadya) dan Pranata Humas Diskominfo (Citra Retno Rizky). Sementara itu, tim dari Diskominfo diterima oleh Kepala Badan Kesbangpol (Sony Suwito Adicahyono), Sekretaris (Natalia Trisnawati) yang juga bertindak sebagai ketua PPID Pembantu Badan Kesbangpol, Kasubbag Umum (Sapta Pambengkas), serta admin PPID Badan Kesbangpol (Nova Gladys).

Dalam kesempatan tersebut, Ririn mengingatkan sejumlah hal yang harus dipenuhi oleh PPID pembantu, salah satunya yakni Daftar Informasi Publik (DIP) yang harus tersedia sehingga dapat diakses oleh masyarakat. DIP terdiri dari 4 jenis, yakni informasi berkala, informasi setiap saat, informasi serta merta, serta informasi yang dikecualikan. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab, melalui penerapan prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi, dan supremasi hukum. Badan Kesbangpol sejauh ini telah menyediakan akses terhadap informasi publik melalui website kesbangpol.bontangkota.go.id.

Selain itu, kritik dan masukan masyarakat melalui berbagai kanal media perlu menjadi atensi oleh PPID setempat. Pemerintah Kota Bontang melalui Diskominfo telah meluncurkan website resmi E-Lapor Kesah Etam yang dapat diakses di kesah.bontangkota.go.id , yang bertujuan untuk menampung aduan, kritik, serta masukan masyarakat terkait kinerja maupun pelayanan yang diberikan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan dan Kelurahan di Kota Bontang. Perangkat daerah terkait wajib untuk menanggapi setiap aduan yang disampaikan oleh masyarakat melalui situs tersebut. Hal ini sebagai upaya Pemerintah untuk memastikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Bontang.

PPID Pembantu di setiap perangkat daerah pun didorong untuk terus memantapkan diri menuju lomba antar PPID Pembantu tahun ini. PPID Pembantu diminta untuk memaksimalkan setiap media yang dimiliki dalam hal pelayanan informasi, baik secara langsung di front desk PPID maupun secara daring. Ririn menambahkan bahwa keterbukaan informasi menjadi salah satu wujud penerapan reformasi birokrasi yang menjadi fokus Pemerintah Pusat saat ini. Dengan demikian, seluruh elemen PPID di lingkungan pemerintah Kota Bontang wajib untuk menjalankan keterbukaan serta pelayanan informasi dengan sebaik-baiknya.

(*nov)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *