Partisipasi dalam #MencatatIndonesia, Bakesbangpol Ikuti Sensus Online

Bontang – Berkontribusi bagi tersedianya data kependudukan sebagai dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan Indonesia, Badan Kesbangpol melakukan pengisian sensus penduduk secara online pada Selasa, 3 Maret 2020. Kegiatan tersebut mendapatkan pendampingan secara khusus oleh tim dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bontang. Bertempat di ruang rapat Badan Kesbangpol, sebanyak 30 (tiga puluh) pegawai  Badan Kesbangpol berpartisipasi dalam event yang diadakan setiap sepuluh tahun sekali tersebut. Akan tetapi, tahun ini terbilang istimewa karena untuk pertama kalinya BPS menyiapkan sistem online dalam pengisian sensus melalui akses pada laman sensus.bps.go.id.

Disampaikan Kepala Badan Kesbangpol Kota Bontang, Sony Suwito Adicahyono, pihaknya menyambut baik inisiasi yang dilakukan oleh pihak BPS untuk turun langsung ke instansi pemerintah guna meningkatkan partisipasi dalam kegiatan sensus penduduk. Sementara itu, Intan Kusuma Negara selaku koordinator tim sensus dari BPS Kota Bontang mengapresiasi kesediaan serta fasilitasi yang diberikan oleh Badan Kesbang Pol sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam kegiatan tersebut. Ia menjelaskan, sensus kali ini merupakan gelaran sensus penduduk ketujuh di Indonesia. Adapun sistem online disediakan guna memberikan layanan pengisian yang praktis dan mudah bagi seluruh masyarakat Indonesia. Melalui smartphone pun masyarakat dapat melakukan pengisian sensus. Ia menambahkan bahwa tersedianya data kependudukan yang memadai dan akurat merupakan dasar evaluasi pembangunan nasional dan pembangunan manusia serta dasar perencanaan di berbagai bidang. Oleh karena itu, peran serta perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Daerah pun sangat penting tidak hanya sebagai kontributor, melainkan juga sebagai pemberi informasi bagi anggota keluarga maupun masyarakat lainnya untuk melakukan pengisan sensus. Adapun data-data yang disiapkan untuk memberikan data dalam sensus antara lain Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Buku Nikah, maupun Akta Cerai.

Masyarakat dapat memanfaatkan layanan online pengisian sensus penduduk sampai dengan Tanggal 31 Maret 2020. Kendati demikian, pihak BPS akan melaksanakan pendataan door to door pada bulan Juli mendatang. Pendataan secara langsung tersebut juga berkoordinasi dengan Lurah hingga Ketua RT di wilayah setempat. Guna menghindari penyalahgunaan data oleh oknum tak bertanggung jawab, masyarakat diimbau untuk mengenali petugas sensus yang datang ke rumah, yakni memakai seragam resmi BPS, memakai tanda pengenal, serta membawa surat tugas resmi dari BPS Kabupaten/Kota setempat.

(*nov)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *