Peringatan Hari Buruh, FPE-KSBSI Bontang Gelar Orasi dan Aksi

Bontang- Memperingati Hari Buruh Internasional , Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Federasi Pertambangan dan Energi, Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (FPE-KSBSI) Kota Bontang menggelar orasi dan aksi pada pada Rabu, 1 Mei 2019. Bertempat di lapangan kampung baru , Kelurahan Berbas Tengah, Kecamatan Bontang Selatan, kegiatan tersebut diikuti sekitar 200 massa anggota FPE-KSBSI Bontang.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPC FPE-KSBSI Bontang, Benyamin Loe melakukan orasi dan menuntut beberapa hal, antara lain kesejahteraan bagi buruh di Kota Bontang, penambahan usia pensiun buruh menjadi 58 tahun, pemberian uang pesangon bagi pekerja yang di-PHK, serta penambahan persyaratan dalam rekrutmen buruh oleh perusahaan, yakni mempunyai KTP wilayah Bontang selama minimal 2 tahun.

Wakil Walikota Bontang, Basri Rase yang turut hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan harapannya agar tidak ada lagi intimidasi, penindasan, maupun Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak oleh pengusaha kepada kaum buruh. Ia juga menghimbau pihak perusahaan agar dapat membuat kebijakan yang produktif dan mendukung kesejahteraan buruh.

Sementara itu, Ketua Komisi 1 DPRD Kota Bontang, Agus Haris menjelaskan bahwa Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2009 telah diundangkan dan diubah salah satu pasalnya, yakni prosentase rekrutmen buruh yang memprioritaskan tenaga lokal sebesar 75% dan tenaga dari luar sebesar 25%. Selain itu, rekrutmen yang dibuka oleh perusahaan harus secara ‘satu pintu’ melalui Dinas Ketenagakerjaan Kota Bontang. Agus menambahkan, sesuai dengan Perda Nomor 9 Tahun 2013 terkait Tenaga Ahli Daya, Pengusaha wajib memberi uang jaminan sebagai tali asih atau pesangon bagi pekerja yang di-PHK. Mengenai pengawasan dan penindakan terkait permasalahan ketenagakerjaan, Agus menerangkan bahwa kewenangannya saat ini telah dialihkan pada Pemerintah Provinsi.

Setelah berorasi, para buruh melakukan konvoi menggunakan sepeda motor menuju Dinas Ketenagakerjaan Kota Bontang.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bontang serta perwakilan Dinas Ketenagakerjaan Kota Bontang.

(tgr/nov)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *