Peringatan Hari Buruh, Gabungan Serikat Pekerja Gelar Jalan Santai dan Gowes

Bontang- Gabungan Serikat Pekerja / Buruh se-Kota Bontang menggelar kegiatan jalan santai dan gowes pada Rabu, 1 Mei 2019. Mengusung tema “Together We Grow”, pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai bentuk peringatan Hari Buruh Internasional pada tahun ini. Bertempat di Stadion Bessai Berinta, Jalan K.S. Tubun, Kelurahan Api-Api, Kecamatan Bontang Utara, kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 1.000 buruh atau pekerja dari sejumlah perusahaan di Kota Bontang.

Mewakili Pemerintah Kota Bontang, Wakil Walikota Bontang, Basri Rase pada kesempatan tersebut  menyampaikan apresiasi atas peran serta serta kontribusi buruh dalam pembangunan di Kota Bontang. Basri menjelaskan bahwa Pemerintah juga berkomitmen dalam peningkatan perlindungan dan kesejahteraan bagi para pekerja.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan menerangkan bahwa tema maju bersama pemerintah dan perusahaan yang diusung tahun ini mengandung harapan agar serikat pekerja di Kota Bontang dapat mendukung seluruh program Pemerintah guna menyejahterahkan masyarakat.

Dilihat dari sejarahnya, Hari Buruh yang juga dikenal sebagai May Day merupakan peringatan atas peristiwa bersejarah dalam menciptakan perjuangan yang lebih revolusioner menuju pembebasan kaum buruh dari penindasan kapitalisme. Hal tersebut juga berarti perjuangan kaum buruh untuk mewujudkan cita-cita sosialisme. Untuk mempertegas tujuan utama dari peringatannya, May Day merupakan aksi dari solidaritas internasional dan sebagai taktik perjuangan bagi perdamaian dan sosialisme.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kapolres Bontang (AKBP Siswanto Mukti) dan jajarannya, Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Bontang, perwakilan pimpinan perusahaan di Kota Bontang, serta sejumlah komunitas yang ada di Kota Bontang.

Selain orasi dari perwakilan serikat pekerja perusahaan, peringatan Hari Buruh tersebut juga dirangkai dengan berbagai kegiatan, antara lain gowes (bersepeda), jalan santai, donor darah, serta acara hiburan yakni pertunjukan band dan pembagian doorprize.

(yus/nov)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *