Rapat Persiapan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019

Bontang – Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Lima sila di di dalamnya menjadi pedoman bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Menilik sejarah lahirnya Pancasila, konsep dan rumusan awal Pancasila pertama kali dikemukakan oleh Soekarno (yang saat itu belum menjadi Presiden Indonesia) sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Pidato ini awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan “Lahirnya Pancasila” oleh mantan Ketua Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) Indonesia, Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPK Indonesia.

Melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, Presiden Joko Widodo menetapkan tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Pemerintah dari tingkat pusat hingga daerah wajib melaksanakan upacara bendera untuk memperingati momentum bersejarah tersebut.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota Bontang melalui Badan Kesbang Pol sejak tanggal 1 Juni 2017. Guna mempersiapkan pelaksanaan upacara peringatan tersebut, Badan Kesbang Pol menggelar rapat dengan instansi terkait pada Rabu, 15 Mei 2019. Bertempat di ruang rapat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Bontang, rapat tersebut membahas mengenai tata pelaksanaan upacara, antara lain waktu pelaksanaan, tempat, petugas, peserta, serta perlengkapan upacara. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Badan Kesbang Pol Kota Bontang, Sony Suwito Adicahyono.

Mengenai hari dan tanggal pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Badan Kesbang Pol saat ini masih menunggu terbitnya pedoman pelaksanaan dari Pemerintah Pusat, mengingat tanggal 1 Juni 2019 termasuk dalam rangkaian cuti bersama Idul Fitri.

Rapat tersebut diikuti oleh perwakilan Kodim 0908 Bontang, Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah, Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporpar), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bontang serta jajaran Badan Kesbangpol Kota Bontang.

Badan Kesbang Pol akan melakukan koordinasi lanjutan dengan instansi terkait mengenai jadwal pelaksanaan serta petugas upacara yang terlibat dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019.

(nov/udz)

2 thoughts on “Rapat Persiapan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *