Sosialisasi Simpul Tugas, Kakanwil Kemhan Provinisi Kaltim Kunjungi Pemkot Bontang

Bontang – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan Provinsi Kaltim melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Bontang pada Selasa, 8 Oktober 2019. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan simpul tugas Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan Provinsi Kaltim. Kepala Kantor Wilayah Kemhan, Gema Repelita dalam kunjungan tersebut diterima oleh Asisten Administrasi Pemerintahan, H.M Bahri serta Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bontang, Sony Suwito Adicahyono. Sosialisasi dilaksanakan di ruang rapat utama Kantor Walikota Bontang, Bontang Lestari.

Mengacu pada UU Nomor 3 Tahun 2002, Gema menjelaskan mengenai tugas pokok dan fungsi kantor pertahanan di daerah, antara lain menjembatani pemerintah pusat dengan daerah di bidang pertahanan Negara, koordinasi dan sinkronisasi untuk kepentingan kesejahteraan daerah, akomodasi kepentingan pertahanan integratif, serta pembinaan pengelolaan penyelenggaraan fungsi pemerintah di bidang pertahanan Negara.

Sistem pertahanan yang diterapkan oleh bangsa Indonesia adalah Sistem Pertahanan Rakyat Semesta, yakni suatu konsep pertahanan yang bersifat semesta serta menyangkut seluruh rakyat Indonesia untuk menghadapi dan mengatasi berbagai kemungkinan macam serangan dan gangguan yang dilakukan negara atau bangsa lain terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Disampaikan Gema, ada sejumlah dimensi ancaman yang ada di provinsi Kalimantan Timur, yang tertinggi diantaranya yakni kejahatan narkotika, terorisme, konflik SARA, serta kejahatan siber.  Mengenai konflik SARA, salah satunya disebabkan oleh pesatnya pertumbuhan ormas-ormas kedaerahan.

Selain itu, tugas kementerian pertahanan di daerah juga membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesadaran bela negara. Bela Negara tidak melulu tentang mengangkat senjata, tetapi bagaimana warga Negara mencintai serta melakukan yang terbaik bagi bangsa dan Negara, melalui segenap kemampuan dan profesinya.

Sementara itu, Sony Suwito menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Kota Bontang melalui Badan Kesbang Pol sedang menyusun rencana aksi bela negara di daerah. Badan Kesbang Pol juga sedang mengupayakan pembentukan gerakan cinta tanah air di sekolah tingkat SMA/Sederajat, bekerja sama dengan guru Pendidikan Kewarga Negaraan (PKN) di sekolah. Gerakan cinta tanah air tersebut diharapkan dapat membentuk sikap dan karakter yang mencintai serta siap sedia membela kepentingan bangsa dan negara.

Sosialisasi mengenai simpul tugas Kanwil Kemhan tersebut dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Camat dan Lurah di lingkungan Pemkot Bontang.

(nov/udz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *