Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan pelayanan informasi di badan publik. Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Pemerintah sebagai badan publik wajib untuk membuka akses bagi setiap pemohon informasi publik untuk mendapatkan informasi (selain informasi yang dikecualikan).

Dalam rangka lomba PPID Pembantu se-Kota Bontang yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bontang sebagai PPID Utama, tim penilai dari Diskominfo melakukan kunjungan ke Badan Kesbang Pol pada Rabu, 19 Juni 2019.

Kunjungan tersebut sebagai salah satu tahapan penilaian dalam lomba guna memastikan kesiapan fasilitas serta kelengkapan materi informasi PPID Pembantu Badan Kesbangpol.
Tim PPID Utama yang dipimpin oleh Mamik Setyawaty, diterima oleh Kasubbag Umum Badan Kesbang Pol (Marwati) beserta admin PPID setempat.

Dalam kunjungan tersebut, tim mendalami materi-materi informasi yang disediakan, baik materi yang diberikan melalui pelayanan langsung maupun melalui website. Pada kesempatan tersebut, tim PPID Utama juga mengapresiasi keseriusan dan upaya PPID Pembantu Badan Kesbang Pol dalam menyiapkan fasilitas front desk yang memadai, website yang informatif serta materi informasi yang cukup lengkap. Tim PPID Utama berharap agar pelayanan informasi di Badan Kesbang Pol dapat semakin ditingkatkan dalam semangat keterbukaan informasi publik.

Adapun lomba PPID Pembantu tersebut diikuti oleh 12 PPID Pembantu di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan, serta Kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota Bontang.
Selanjutnya pada pekan depan, lomba PPID Pembantu akan memasuki tahapan penilaian selanjutnya, yakni kunjungan dan penilaian dari Komisi Informasi Provinsi Kaltim.

(nov/udz)