Kota Bontang,

1 Oktober telah ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Karena itulah setiap tanggal 1 Oktober selalu diadakan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila disetiap daerah termasuk Kota Bontang.

Dengan mengusung tema “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila”

Pada tahun ini ada yang berbeda dalam pelaksanaan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.
Tahun ini Kota Bontang mengikuti Upacara bersama secara daring/ online pada jam 8.30 wita bertempat di pendopo walikota bontang yang dihadiri oleh :
1. Ketua DPRD Kota Bontang (Andi Faisal sofyan hasdam)
2. Komandan Kodim 0908 Bontang (Letkol Arh. Choirul Huda)
3. Kapolres Bontang (AKBP Hanifa Martunas Siringoringo, S.I.K., M.H)
4. Ketua Pengadilan Negeri Bontang (Praditia Danindra, S.H.,M.H)
5. Sekretaris Daerah ( Ir. Hj. Aji Erlynawati, MT
6. Asisten Pemerintahan dan Kesra (Drs. H.M.Bahri.M.Ap)
7. Komandan Den Arhanud 002/ABC (Anwar. R)
8. Danpos TNI AL Bontang ( Koko Hamsyah)
9. Ketua Pengadilan Agama Bontang (H. Samad Harianto)
10. Kepala Bakesbangpol Bontang (Sony Suwito Adicahyono, SH. MM)
11. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Drs. H. Akhmad Suharto, M.Si)
12. Kepala Bagian Pemerintahan (Hj. Karlina)
13. Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Sunarya)
14. Perwakilan BNN (Cokorda istri sinta S.R)
15. Perwakilan Kejaksaan Negeri Bontang (Mary Yuliarty)

Upacara dilaksanakan terpusat di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 yang digelar dalam kondisi pandemi saat ini dihadiri oleh sejumlah perangkat upacara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Sementara hadir secara virtual ialah para pimpinan dan anggota lembaga negara, para menteri Kabinet Indonesia Maju, para gubernur, bupati, dan wali kota, serta para keluarga pahlawan revolusi

Bertindak sebagai Komandan Upacara ialah Kolonel Kal Eri Ahmad Harahap. Sementara yang bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigjen TNI Lismer Lumban Siantar.

Rangkaian upacara dimulai dengan laporan Komandan Upacara kepada Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara untuk kemudian berlanjut dengan mengheningkan cipta yang dipimpin Inspektur Upacara.

Dalam upacara peringatan pagi ini, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Bambang Soesatyo, membacakan naskah Pancasila. Setelahnya turut dibacakan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah La Nyalla Mattalitti.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani kemudian membacakan naskah Ikrar dan menandatangani naskah tersebut. Adapun Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy membacakan doa yang menjadi penutup rangkaian acara.

Selepas upacara, Presiden bersama dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan para pimpinan lembaga tinggi negara yang hadir di lokasi sejenak mengunjungi Monumen Pancasila Sakti sebelum meninggalkan lokasi

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini digelar hanya dalam durasi waktu 60 menit dan berakhir pada jam 09.30 wita.