Bontang- Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bontang menggelar Rapat Koordinasi Program dan Kegiatan Relawan Penanganan Covid-19 pada Selasa, 2 Februari 2021. Bertempat di Pendopo Rumah Jabatan Walikota Bontang, rapat dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (H.M Bahri). Rapat bertujuan untuk menyamakan persepsi relawan dalam bekontribusi maksimal untuk penanganan Covid-19 di Kota Bontang. Rapat diikuti oleh Komandan Kodim 0908 Bontang, Kapolres Bontang, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Camat dan Lurah, serta perwakilan sejumlah organisasi keagamaan di Kota Bontang.

Pada kesempatan tersebut, disampaikan bahwa Provinsi Kalimantan Timur menduduki peringkat ke-6 tertinggi kasus positif Covid-19 serta peringkat 5 terbanyak pasien meninggal akibat Covid-19 di Indonesia (data per tanggal 2 Februari 2021). Oleh karena itu, diperlukan penanganan serius untuk menghambat penyebaran virus tersebut, khususnya di Kota Bontang.

Adapun Kelurahan di Kota Bontang yang tercatat paling banyak kasus positif Covid-19 yakni Kelurahan Loktuan, Gunung Elai, Telihan, Api-Api dan Belimbing. Sejumlah tindakan penanganan telah dilakukan antara lain pembentukan Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat Kelurahan, sosialisasi dan edukasi, patroli rutin di tempat keramaian, serta pembentukan tim relawan Covid-19 tingkat RT. Tim relawan Covid-19 di tingkat RT bertugas membantu masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah, yakni mendistribusikan logistik kepada warga, memberikan informasi dan edukasi, maupun menggalang dana untuk membantu memenuhi kebutuhan warga. Pihak kecamatan dan kelurahan pun diminta untuk dapat mendata pasien Covid-19 di wilayahnya serta menyediakan layanan satu pintu untuk pemberian bantuan bagi warga terdampak.

Sementara itu, sesuai dengan SK Walikota Bontang Nomor Nomor 188.45/551/DINKES/2020 tentang Pembentukan Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019, Kepala Badan Kesbangpol didaulat menjadi koordinator tim Relawan Gugus Tugas Covid 19. Adapun tugas relawan antara lain menggalang partisipasi aktif dari berbagai pihak untuk mendukung penanganan Covid-19, mendukung satgas penanganan Covid-19 di kecamatan, kelurahan hingga RT, serta memantau  relawan   medis   dan   non medis yang bertugas. Tim relawan juga wajib melaporkan pelaksanaan, permasalahan  dan capaian bidang relawan secara berkala.

Tim relawan akan melaksanakan apel bersama dan evaluasi per minggu di setiap kelurahan. Pertemuan lanjutan akan dilaksanakan guna membahas teknis program dan kegiatan Relawan Gugus Tugas Covid-19.