Bontang- Walikota Bontang, Neni Moerniaeni meresmikan Posko Kelurahan Siaga serta mengukuhkan Relawan Garda Isoman dalam upacara yang digelar pada Sabtu, 20 Februari 2021. Bertempat di Pendopo Kelurahan Belimbing Kecamatan Bontang Barat, upacara tersebut dihadiri oleh Dandim 0908/Btg (Letkol Arh. Choirul Huda), Kapolres Bontang (AKBP Hanifa Martunas Siringoringo, Danramil 01/Lkt (Kapten Inf. Rukito), Kepala Badan Kesbangpol Bontang (Sony Suwito Adicahyono), Kepala Dinas Kesehatan (dr. Bahauddin), Kapolsek Bontang Barat (Iptu M.Lalo), Camat Bontang Barat (Marten Minggu), Lurah Belimbing (Ade Darmawan), Plt. Camat Bontang Utara (H. Zainudin), serta perwakilan PT Pupuk Kaltim (Teguh Ismartono).

Pada kesempatan tersebut, Neni menegaskan bahwa pandemi Covid-19 di Kota Bontang harus mendapatkan penanganan dari hulu sampai hilir. Apalagi, Bontang masih tercatat sebagai zona merah hingga kini. Kepala Satgas Penanganan Covid Nasional telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor  9 tahun 2021 tentang Ketentuan Pembentukan Posko Penanganan Covid-19 dalam rangka Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di tingkat kelurahan. Sejalan dengan hal tersebut, Satgas Covid-19 Kota Bontang telah memberikan instruksi kepada kelurahan di kota Bontang untuk membentuk Posko SIAGA ( Sinergi, Inisatif, Aman, Gesit, Antisipatif ).

Selain itu, untuk mengoptimalkan peran Rukun Tetangga (RT) dalam pendampingan pasien Covid-19, maka dibentuk Relawan Garda Isoman. Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Walikota Bontang Nomor 188.65/180/Dinkes Tahun 2021 tentang Pembentukan Relawan Pendamping tingkat RT. Adapun tugas Relawan Garda Isoman antara lain membantu warga yang terkonfirmasi positif ( termasuk kontak erat dan isolasi mandiri), menggalang bantuan kebutuhan pokok (makanan, obat dan kebutuhan lainnya), membantu pemenuhan kebutuhan logistik pada warga pasien Covid-19, serta memberikan informasi, edukasi, dan pelaporan pelaksanaan pendampingan. Melalui pembentukan Posko Kelurahan Siaga dan Relawan Garda Isoman, Neni mengharapkan penanganan Covid-19 di Kota Bontang dapat semakin optimal.

Sementara itu, Sony Suwito Adicahyono selaku Koordinator Relawan Satgas Covid-19 Kota Bontang melaporkan bahwa sebanyak 5 posko telah terbentuk pada 5 kelurahan di Bontang. Kelurahan lainnya pun akan memiliki posko masing-masing, sehingga nantinya terdapat 15 posko siaga di Kota Taman. Ia menjelaskan, Relawan Garda Isoman akan dibentuk di seluruh RT di Kota Bontang, dimana saat ini telah dibentuk di 143 RT pada 5 kelurahan, dengan jumlah relawan sebanyak 858 orang. Adapun pembentukan posko dan relawan pada kelurahan lain terus dikoordinir oleh Camat dan Lurah dengan melibatkan Satgas tingkat Kota. Sony menambahkan, Satgas Covid-19 Kota Bontang akan meresmikan Posko Kelurahan Siaga dan Relawan Garda Isoman secara bertahap untuk memberikan motivasi pada kecamatan  kelurahan, dan RT.

Upacara tersebut juga dirangkai dengan penyerahan bantuan secara simbolis oleh PT Pupuk Kaltim bagi warga yang terdampak Covid-19.