Bakesbangpol Gelar Rapat Persiapan Penandatanganan Pakta Integritas Paslon Pilkada

Bontang – Guna mempersiapkan kegiatan penandatanganan pakta integritas oleh pasangan calon (paslon) yang berlaga dalam Pilkada Bontang Tahun 2020, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bontang menggelar rapat pada Rabu, 23 September 2020. Bertempat di Ruang Rapat Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Bontang, rapat dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H.M. Bahri. Rapat diiikuti oleh Kepala Badan Kesbangpol (Sony Suwito Adicahyono) beserta jajaran, Kepala Dinas Kesehatan (dr. Bahauddin), Kasubbag Bin Ops Polres Bontang (AKP Diah Safitri), perwakilan Kodim 0908 Bontang (Lettu Inf. Mujiono), Ketua Bawaslu Bontang (Nasrullah), Kabag Pemerintahan Setda (Karlina), Kabag Umum Setda (Baharuddin), Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda (Sunarya), Kasi Pengelolaan Layanan Informasi Publik dan Hubungan Media Diskominfo (Anna Hadya), dan Kasi Ops Satpol PP Bontang (Sunaryo).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H.M. Bahri pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa penandatanganan pakta integritas oleh paslon merupakan instruksi dari Pemerintah Provinsi yang dilaksanakan oleh Pemkot Bontang. Adapun pakta integritas merupakan deklarasi komitmen paslon untuk mematuhi protokol kesehatan serta menciptakan ketertiban dan keamanan dalam seluruh proses pilkada. Kegiatan penandatanganan pakta integritas akan dilaksanakan pada Jumat, 25 September 2020 di Pendopo Rumah Jabatan Walikota Bontang, secara daring dengan Pemerintah dan jajaran Forkopimda Provinsi. Kegiatan tersebut akan dihadiri oleh Forkopimda Bontang, Badan Kesbangpol, KPU, Bawaslu, serta kedua tim paslon peserta Pilkada Tahun 2020.

Sementara itu sesuai dengan protokol kesehatan, maka harus ada pembatasan jumlah peserta kegiatan dalam ruangan, yakni tidak melebihi 50% dari kapasitas ruangan. Dengan demikian, jumlah peserta maksimal dalam gedung pendopo sebanyak 100 orang. Tim paslon sendiri hanya dapat diwakilkan oleh 4 orang, terdiri dari calon Wali Kota, calon Wakil Wali Kota, dan  2 anggota tim pemenangan. Bahri mengingatkan bahwa penyelenggara maupun peserta kegiatan wajib untuk menerapkan protokol kesehatan. Kepala Dinas Kesehatan dr. Bahauddin pada kesempatan tersebut pun menyataan kesiapan untuk menurunkan tim kesehatan, ambulans, serta APD yang dibutuhkan dalam kegiatan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu, Nasrullah menjelaskan bahwa dalam rapat-rapat tim kampanye, paslon sudah diimbau untuk menaati protokol kesehatan. Kegiatan yang dilakukan juga senantiasa berkoordinasi dengan Gugus Tugas dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Akan tetapi mengingat loyalitas massa pendukung, pengaturan lalu lintas perlu dilakukan oleh personel Polres maupun Dinas Perhubungan untuk mencegah kumpulan massa di lokasi acara.

Guna memberikan pengamanan selama acara berlangsung, Polres Bontang, Kodim 0908 Bontang, dan Satpol PP akan menurunkan personel untuk berjaga di sekitar lokasi kegiatan.

(*nov)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *